Fakta & Rahasia Saya Tentang Buku [Bagian 1]

Perpustakaan mini
Perpustakaan mini

Seminggu terakhir ini saya membaca enam buah buku dari berbagai jenis. Baiklah langsung saja saya sebutkan keenam buku tersebut, agar lebih konkrit.

1.     Momwriter’s Diary (Dian Kristiani, Penerbit BIP, 2013): Ini buku baru dalam koleksi saya. Buku ini menambah wawasan saya tentang suka duka dan seluk beluk menjadi penulis buku. Sebuah bacaan ringan, menghibur, sekaligus bermanfaat.

2.     The Shy – Aku Melihatmu, Apa Kamu Melihatku? (Triani Retno A, Penerbit Anak Kita, 2014): Sebenarnya Novel Komik (Nomik) ini ditujukan untuk pembaca remaja. Namun banyak hal yang membuat saya menikmatinya, baik dari ide, gaya tulisan, dan pengetahuan baru yang dimasukkan oleh penulisnya dalam ceritanya. Oh ya, sebenarnya ini buku anak-anak di rumah. Selda & Sellyn dikirimi oleh editor penerbit buku ini. Sellyn (10) dan Selda (11) mendapat kepercayaan dari Editor, untuk menjadi peresensi buku ini. Ini karena sebelumnya mereka pernah menjadi pembaca pertama dari beberapa naskah novel.

3.     The Golden Rules of Success (Ben B Nur, Courage Institute, 2008): Saya beruntung mendapatkan buku ini dari penulisnya. Saya sudah membaca sebelumnya, namun karena belum tuntas, maka minggu ini saya ingin menyerap kembali manfaat buku yang inspiratif dan memotivasi diri ini. Dari buku ini, saya mendapatkan pencerahan jiwa, karena banyak ilustrasi kehidupan yang menyentuh keseharian orang pada umumnya, termasuk bagaimana menyikapi sebuah keadaan dengan tetap optimis, bijaksana dan berpikir positif. Terima kasih, Pak Ben!

4.     Favorite Fast & Easy Crosswords (PennyPress, 2010): Ini buku yang saya simpan sejak empat tahun lalu. Ketika sedang memeriksa lemari buku, saya tertarik mengeluarkannya kembali, dan mengisi teka-teki silang yang belum sempat saya selesaikan sebelumnya. Asyik lho, karena kalau kita mendapatkan kebuntuan, ada kunci jawabannya di bagian belakang buku ini. *senyum dong*

5.     Menulis Artikel dan Tajuk Rencana (Panduan Praktis Penulis & Jurnalis Profesional (drs. AS Haris Sumadiria, M.Si., Simbiose Rekatama Media, 2005)

Bukunya terbitan lama ya? Memang, namun isinya masih up to date lho. Penyakit saya, beli dulu bukunya, nah saking banyaknya tumpukan buku, akhirnya bacanya bisa setelah sekian tahun sesudahnya. Itulah keistimewaan buku, tak lekang dimakan zaman.

6.     Creative Writing (A.S. Laksana, Gagas Media, 2013): Saya sedang menekuni kembali latihan menulis kreatif. Buku ini sarat dengan pengetahuan untuk meningkatkan keterampilan menulis. Kebetulan, saya melihat Selda & Sellyn sedang membaca buku ini. Akhirnya saya ikut membaca kembali, dan berdiskusi dengan kedua anak itu. Seru lagi, belajar bersama-sama dengan anak-anak yang juga suka membaca dan menulis.

Bacaan Seminggu Ini |Foto: Indria Salim
Bacaan Seminggu Ini |Foto: Indria Salim

Apakah jumlah buku yang saya baca minggu ini sudah cukup? Saya akui, kecuali membuat resensi, saya tidak selalu membacanya dengan tuntas dan urut. Saya yang agak pembosan ini, punya pola kebiasaan membaca sesuai kebutuhan dan meloncat-loncat. Apalagi mengingat bahwa selain suka membaca, saya juga suka mengoleksi buku. Apa saja, asal menarik minat seketika itu, saya cenderung tergoda mengoleksinya. [Bersambung ke Bagian 2]

*) Tulisan ini sebagai arsip artikel Penulis, yang sebelumnya diunggah di blog Kompasiana dan menjadi artikel Headline (HL), yang bisa dilihat di SINI 

Leave a comment